Ajang pencarian bakat : Representasi konsep “bertahan” dalam kehidupan

Awal tahun 2016, saya memiliki ketertarikan baru terhadap program-program reality show bertajuk pencarian bakat ataupun kompetisi bakat lainnya yang ditayangkan di beberapa televisi. Ketertarikan tersebut bermula ketika saya menonton program televisi “WIN : Who Is Next”.

Acara WIN sebenarnya adalah acara reality show di salah satu stasiun tv di Korea Selatan, berbentuk kompetisi untuk menentukan boyband yang akan debut. Acara ini diusung oleh salah satu agensi besar di Korea, YG Entertainment, bekerja sama dengan stasiun tv, Mnet. Acara ini tayang dari bulan Agustus sampai Oktober 2013. Ya, bisa dibilang saya telaaaat bangeeet baru nonton di tahun 2016 hehe.

Pada acara WIN ada dua tim yang dipertandingkan, yaitu tim A dan tim B. Masing-masing tim mempersiapkan penampilan mereka, selama 100 hari, melewati berbagai penilaian, untuk pada akhirnya terpilih salah satu tim yang layak untuk debut pada tahun berikutnya.

Sejak menonton WIN, saya merasakan atmosfer persaingan yang berbeda dari menonton acara pencarian bakat lain sebelumnya. Saya menemukan esensi lain dari sebuah pencarian bakat/ kompetisi. Saya mulai memiliki ketertarikan intens terhadap acara-acara tersebut.

Acara pencarian atau kompetisi bakat dalam bahasa Inggris seringkali disebut sebagai “survival program”. Kenyataan bahwa pemenang dari program belum tentu adalah yang paling menonjol di awal atau saat-saat tertentu. Akan tetapi, hanya yang bertahanlah yang akan keluar sebagai pemenang. Oleh sebab itu, disebutlah sebagai survival program.

Bagaimana untuk bisa bertahan? Dengan secara konsisten melakukan yang terbaik di setiap penampilan. Sebagai contoh, saya menonton survival program lainnya yaitu “Show me the money, season 5”. Acara SMTM ini bertujuan untuk mencari rapper terbaik. Ada satu kandidat, yang mungkin bisa menjelaskan konsep bertahan ini, yaitu #gun. Jika dibandingkan dengan rapper lainnya, kemampuan #gun kurang menonjol. Akan tetapi, secara mengejutkan #gun berhasil bertahan sampai dengan babak semifinal. Tentu ada beragam alasan hingga #gun sampai babak semifinal. Saya hanya akan melukiskan alasan yang sesuai dengan konsep bertahan.

#gun mungkin bukanlah finalis yang menonjol, tetapi dalam setiap penampilannya #gun senantiasa memberikan yang terbaik. Pada semifinal #gun battle dengan salah satu rapper yang dianggap kuat dan berpotensi besar memenangkan SMTM season ini. Akan tetapi, secara mengejutkan #gun memberikan penampilan yang baik dan beberapa mentor merasa #gun mungkin bisa memenangkan battle hari itu. Sebelum #gun tampil, ia menyatakan bahwa ia bersyukur bisa sampai pada tahap semifinal dan yang harus ia lakukan adalah bertahan sedikit lagi.Walaupun akhirnya #gun kalah, ia berhasil membuktikan bahwa ia bisa menjadi salah satu rapper yang diperhitungkan.

Konsep bertahan dalam ajang pencarian bakat, saya rasa sangat relevan dengan kehidupan sehari-hari kita. Selama menjalani kehidupan, kita dihadapkan dengan beragam kompetisi dan masalah. Untuk dapat memenangkan kompetisi dan masalah kehidupan, yang bisa kita lakukan adalah bertahan. Konsep bertahan yang dimaksud bukan bertahan pasif, tapi bertahan secara aktif. Bertahan secara aktif, berarti tetap melakukan yang terbaik biarpun keadaan sulit. Kita bukan hanya berproses dalam kehidupan tapi juga ber-progress. Dengan begitu, kita akan bertahan dan memenangkan kehidupan.

Saya merasa tertolong karena mempelajari konsep bertahan ini. Pada beberapa bagian dari hidup saya dimana saya mengalami masa-masa sulit, saya akan membuka laptop dan menonton ulang beberapa program survival yang tersimpan. Saya akan mendalami lagi konsep bertahan tersebut dan mendapatkan kekuatan dari menonton program tersebut. Saya bisa merasakan bahwa saya tidak sendiri dalam perjuangan memenangkan kehidupan ini. Saya harus bertahan aktif dan memenangkan setiap kompetisi atau masalah yang saya hadapi.

Begitulah hal yang saya pelajari dari mendalami program pencarian bakat. Sebenarnya ada beberapa hal lain yang saya pelajari dari program tersebut. Saya akan menceritakan pelajaran yang lain pada postingan selanjutnya. So, keep update guys!

Tinggalkan Balasan

