Review: Publikasi Survei Pilpres

saya memperhatikan beberapa survei pilpres belakangan ini. saya melihat bagaimana hasil-hasil survei tersebut ternyata dapat berpengaruh besar terhadap suara yang akan diberikan terutama oleh swing voters seperti saya. saya mempelajari beberapa hasil survei yang dipublikasikan dibeberapa media.

saya rasa beberapa hasil survei yang dipublikasikan masih sangat ambigu dan kemungkinan bias. saya akan sedikit mereview mengenai publikasi dari survei tersebut.

seringkali saya melihat bahwa yang dipublikasikan di media massa hanyalah hasil survei nya saja tanpa adanya kejelasan yang lengkap mengenai sampel, analisis data, metode, dan tekniknya. hal tersebut seringkali menimbulkan kebingungan dan kecurigaan dibenak saya. rasa kecurigaan tersebut semakin besar tatkala saya melihat media yang mempublikasikannya. kita tahu bahwa beberapa media sudah memiliki kecenderungannya masing-masing terhadap satu capres. saat saya melihat media A mempublikasikan hasil survey yang ternyata cendurung positif terhadap salah satu capres yang diusungnya, saya langsung mengernyitkan dahi dan berpikir “ini bener hasil realnya begini?”. saya harus senatiasa kritis terhadap hasil survei tersebut.

menurut saya, hasil survei yang dipublikasikan tanpa kejelasan mengenai sampel, analisis, dll nya itu akan sangat rentan terhadap kebingungan publik. kebingungan publik yang seperti apa? kebingungan publik yang berpikir survei tersebut bias terhadap satu calon atau tidak? relibel atau tidak? bentuk pencitraan atau tidak? seperti itu.

walaupun tidak semua masyarakat mengerti dan peduli mengenai sampel, analisis, dll nya tersebut, tetapi tidak akan rugi juga mencantumkan hal-hal tersebut dalam publikasi. tujuan dilaksanakannya survei itu adalah untuk memperoleh data yang empiris bukan? karena itu sudah sewajarnya publikasi hasilnya pun harus dilakukan secara jelas berikut dengan atribut survei lainnya.๐Ÿ™‚

sedikit mengenai review saya tentang publikasi survei pilpres. mungkin masih banyak kekurangan dan kesalahan karena keterbatasan pengetahuan saya. Semoga pilpres tahun ini berjalan dengan baik dan menjadikan Indonesia lebih baik. Amin๐Ÿ™‚

Tinggalkan Balasan

