Self Talk : Pilpres dan Pemilih Muda

Sejujurnya saya sendiri tidak mengerti harus memilih yang mana. tidak-tidak. bukan-bukannya bingung mau milih yang mana, terlebih dahulu bingung mau milih atau tidak. saya sudah melewatkan beberapa kesempatan untuk memberi suara. akankah yang ini juga terlewat?

memilih satu dari dua, rasanya lebih sulit daripada memilih satu dari banyak. karena hanya dua, bebannya pun lebih banyak. satu menang maka yang lain kalah. tapi bisa juga sih satu menang yang lain mendampingi (1:1000 mungkin).

orang-orang berkata A begini, dan B begini. saya juga pernah berada dalam perdebatan dua teman saya tentang pilihan mereka masing-masing.

Alhamdulillah itu hanya perdebatan tidak sampai permusuhan🙂

saya melihat dan mendengar debat capres, jujur saja setiap kali debat capres saya tidak pernah ngerti apa yang sebenarnya mereka bicarakan. kata-kata mereka mental begitu saja. mungkin saja saya yang terlalu bodoh dan tidak intelek, mungkin. tapi bisa juga memang kata-kata mereka yang tidak mudah dicerna, mungkin.

saat ditanya, “sudah punya pilihan siapa untuk pilpres?” saya selalu ingin menjawabnya “ya lihat aja nanti pas hari H, kalau sudah kertas pilihan ditangan, baru saya akan pilih. tapi sekarang saya belum punya gambaran siapa, karena tidak tahu dan masih ingin netral” tapi saya tidak pernah menjawab pada akhirnya.

kemarin, baru kemarin, saya menyadari bahwa yang punya pikiran seperti itu bukan hanya saya. teman saya, salah satu pemilih muda juga, ia punya pikiran yang sama. bagi kami, pemilih muda (mungkin jika bisa digeneralisasikan) adalah kenetral-an dan kebingungan yang kami satukan.

lihat saja nanti- saat waktu pemilihan tiba- saat kami sudah di TPS, kami akan memilih siapa. sampai saat itu tiba kami mungkin hanya akan memperhatikan dan mendengarkan. atau sesekali mendiskusikan.

itu pun jika pada akhirnya jawaban saya adalah benar-benar memilih, karena mungkin saja beberapa menit sebelum pemilihan saya memutuskan tidak memilih. jadi lihat saja nanti- ..

saya ingin Indonesia lebih baik dengan cara terbaik🙂

Tinggalkan Balasan

