Konsep Psikologi dalam MV Michi GO :p

kalian pernah liat mv Michi GO- GDragon?? hayo, hayoo yang belum liat segera dilihat duluuu di bawah ini..  #halahh promosi hehe :p

semenjak saya suka Bigbang dan saya masuk dalam dunia per-psikologi-an (?), saya jadi suka ngekorelasi-kolerasi atau bahasa kerennya ngehubung-hubungin lah antara Bigbang dan Psikologi *macam mak comblang #plakk* .. yaa gitu dehh, sebenernya ini sih analisis ngaco saya ajaa, yahh dari pada ga ada kerjaann *padahal kerjaan numpuk* mending mengasah kemampuan analisis pada hal-hal yang kita sukai, iyee gaakk ??

okeelaahh darii pada banyak cincong, nyokkk cek ki dot analisis saya yaa… *note: it just for me, for fun.. don’t like? just go.. but before you go, gimme ur comment why you don’t like it.. hehe :p*

Michi-Go pertama kali saya lihat mv ini saya langsung mikir gini “ih apaan sih nih mv, gaje banget gitu”.. well tapi berhubung saya adalah seorang VIP(fans Bigbang) dan bias ultimate saya adalah G Dragon maka saya mencoba mencari rasionalisasi dari mv ini, agar saya suka mv ini.. saat saya mencoba merealisasi, tiba-tiba terbesit sebuah pemikiran. dan saya pun langsung berpikir “ohhh, sekarang gue ngerti sistem kerja YG dan G Dragon”..

yup, kalo dipikir-pikir yaa hampir jarang ditemui mv nya Bigbang atau GD yang sekali lo liat, lo langsung ngerti maksudnya *ini pengalaman saya kalo ga sama, gapapa :)*.. rata-rata mv bigbang atau GD yang saya liat butuh waktu beberapa saat untuk akhirnya masuk dalam pencernaan otak saya. saya harus berpikir dulu tentang maksud mv dan lagunya lah, harus mencoba melihat dari beberapa sisi lah, harus mencoba nyari tau konsep sebenarnya lah, atau bahkan harus sampe ngestalk komen VIP lain cuma buat nyari tau pemikiran mereka, baru setelah proses itu biasanya saya ngerti dan suka sama MV nya..

dari analisis saya, saya mendapati bahwa semua hal yang saya lakukan itu akan terasa wajar jika saya melihat mv ini menggunakan persuasi rute sentral.. 

saya akan menjelaskannya satu-satu..

persuasi adalah proses dimana sebuah pesan menyebabkan perubahan keyakinan, sikap atau perilaku

persuasi rute sentral adalah persuasi yang terjadi ketika seseorang yang tertarik fokus pada argumen dan merespons dengan pemikiran yang memihak,.

maksudnya disini adalah persuasi rute sentral memotivasi seseorang untuk berpikir terlebih dahulu sebelum akhirnya menerima suatu keyakinan atau konsep baru ( dalam hal ini saya menerima keunikkan dari mv Michi GO).

rute sentral ini sifatnya lebih menetap artinya saat seseorang sudah terpengaruh, pengaruh itu akan melekat dalam dirinya.

kenapa begitu? karena kita tidak hanya menerima persuasi tersebut, tetapi kita menggunakan fungsi kognitif kita untuk merasionalisasikan dan menyesuaikan dengan diri kita.

mv-mv Bigbang atau GDragon sering kali menggunakan tipe persuasi rute sentral ini. membuat kita berpikir dulu sebelum akhirnya menerima dan menyukai mv-mv yang LUAR BIASA UNIK tersebut..

dan apa sebab lebih jauhnya?? karena pengunaan konsep persuasi ini, mv Bigbang/GDragon menjadi lebih melekat dalam benak kita.. saya yakin jika kalian sudah “jatuh” pada mv Bigbang akan sangat sulit untuk melupakannya.. konsep yang begitu unik, membuat kita akan terus mengingat mv nya bahkan hingga sampai detil terkecil..

inilah yang membuat saya terkagum-kagum, bahwa Bigbang atau GD tak hanya membuat suatu mv unik, tapi sesungguhnya mereka menancapkan suatu kenangan/memori unik dari mv mereka dalam benak kita..

Bigbang atau GD tak mau karya mereka, hanya menjadi karya saat ini, tapi karya mereka adalah karya yang terus hidup dan menetap dalam benak setiap orang yang melihatnya.. betapa sebuah rencana jangka panjang yang sukses!! ckckck daebakk!!

nah itulah sedikit analisis saya, maaf kalau kurang memuaskan dan cenderung bias (yaiyalah bias gue kan Bigbang).. mungkin lain kali akan lebih baik .. ~~🙂

GDragon - Michi GO

huh :3

Satu pemikiran pada “Konsep Psikologi dalam MV Michi GO :p

  1. Setujuuuuu~~~~~ (~‾ ▽‾)~
    butuh waktu untuk bener2 mencerna maksud yang ingin disampaikan dari MV mereka..
    konsepnya selalu menarik dan yang pasti berbeda di setiap MV mereka,, selau bikin penasaran VIP kejutan apa yang bakalan mereka kasih di MV selanjutnya ˆ⌣ˆ
    Setiap MV mereka pasti punya ciri khas tersendiri yang membuat MV dan lagunya itu akan selalu diingat🙂

Tinggalkan Balasan

